User interface berarti
tampilan antar muka pengguna. Jika didefinisikan secara sederhana User
interface adalah penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user
komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin.
User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan
adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat
komputer menjadi lebih mudah.
Desain user interface
dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena melibatkan unsur
tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang sebenarnya atau
player. Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh
mana user atau pemain meminati game tersebut. Dalam user interface game,
terdapat sebuah teori yang dikemukakkan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Loretzon
dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis
tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces
for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah
berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.
HUD
itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana
informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan
pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point)
ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter.
Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam
permainan.
Dalam
desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :
1. Diegetic
Elemen user interface
yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain
dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau
haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan
pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan
terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah
Assassin’s Creed. Assassin’s Creed berhasil menggunakan banyak pola diegetic
meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain pemain menggunakan sistem
virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya futuristik daripada
sejarah
2. Meta
Gambaran yang bisa
muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk
pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan
darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4
Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh menarik. Ini
meniru interaksi dunia nyata – Anda mendengar dering telepon dan ada penundaan
sebelum karakter dan pemain menjawabnya. Elemen UI sebenarnya itu sendiri
muncul pada pesawat hub 2D, jadi itu benar-benar elemen Meta, meskipun awal
interaksi yang diegetik.
3. Spatial
Elemen User Interface
yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari
dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Fable 3 adalah contoh
di mana unsur-unsur spatial yang digunakan untuk memberikan informasi lebih
kepada pemain dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta. Jejak bersinar
hampir cocok dalam fiksi mengingat kualitas estetika ajaib itu tapi karakter
tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke tujuan
berikutnya.
4. Non-Diagetic
Antarmuka yang
diberikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia
nyata desain interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display (HUD).
semua menjadi sangat nyaman dengan penggunaan heads-up display (HUD) dalam
permainan. Sistem ini memberikan informasi penting dengan cara yang cukup
sederhana. Jika dilakukan dengan benar pemain bahkan tidak tahu itu ada. Mass
Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan
pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan – antara lain. Mengingat
pengaturan futuristik itu saya tidak bisa membantu untuk berpikir jika beberapa
informasi ini bisa telah terintegrasi ke dalam dunia game, narasi, atau bahkan
keduanya.
1 comments:
Write comments
ReplySegenap Manajemen Bolavita Mengucapkan Selamat Merayakan Tahun Baru Imlek 2570
Kongzili Semoga Di Tahun Babi Tanah Diberikan Rejeki Lebih Banyak
Dibandingkan Tahun Sebelumnya
WA : +62812-2222-995
EmoticonEmoticon