Kisah Hidup (Bisa Karena Mencoba)


Gagal. Semua orang pastinya pernah mengalami hal yang bernama kegagalan. Kegagalan bahkan menjadi sosok menakutkan bagi sebagian orang. Terlebih mereka yang takut gagal sebelum memulai. Akupun pernah gagal, bahkan sering gagal. Sewaktu lulus aku gagal masuk SMP favorit.  Sewaktu lulus SMP aku juga gagal masuk ke SMA favorit. Bahkan sewaktu lulus SMA aku juga gagal masuk universitas idamanku. Terus kenapa dengan gagal? Bukan berarti aku tidak bisa sekolah atau duniaku berakhir. Ada yang bilang bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Bagiku kegagalan adalah jalan lain menuju keberhasilan.

Tentunya di dunia ini tidak ada satupun orang yang menginginkan kegagalan. Namun yang jadi masalahnya adalah bagaimana cara untuk mengapai keberhasilan. Banyak orang yang gagal karena tidak berani mencoba. Tidak punya rasa percaya diri. Selalu membandingkan diri dengan orang lain. Takut dengan tantangan dan merasa mustahil untuk dilakukan. Akupun pernah berpikir demikian. Namun sekarang buang saja semua pekiriran itu. Kita tidak akan pernah berhasil jika tidak berani mencoba jika takut gagal.

Akupun pernah berada di titik di mana tidak punya rasa percaya diri. Merasa tidak bisa dan mustahil untuk dapat menyelesaikan sesuatu. Memang, tidak semua hal bisa kita lakukan. Tentu saja ada batasan di mana kemampuan kita berada. Tapi kenapa tidak mencoba untuk melewati batasan itu. Aku beri contoh. Dulu aku seorang yang pemalu. Jarang tampil di depan umum dan merasa tidak cocok untuk bicara di depan umum. Namun setelah memasuki masa SMA aku mulai mencoba meningkatkan rasa percaya diri untuk bisa berbicara di depan orang banyak. Batasanku yang dulu hanya sebatas berbicara santai dengan teman kini telah aku lewati hingga bisa berbicara di depan kelas bahkan di depan orang banyak. Tentu saja bukan hal yang instan untuk dapat dilakukan. Butuh waktu bertahap agar bisa seperti itu. Asalkan ada kemauan dan usaha untuk bisa berubah tentunya hasil akan mengikuti kemauan dan usaha yang kita lakukan. Tidak hanya sebatas berbicara di depan publik, banyak hal hal baru yang aku dapat dan aku alami dari hal meningkatnya rasa percaya diri.

Pernah beberapa kali aku diberi tugas yang menurutku sulit bahkan mustahil untuk dikerjakan. Bahkan aku merasa tak percaya diri bisa melakukan dan menyelesaikannya adengan baik. Jika seperti ini aku biasanya pergi untuk menenangkan diri sejenak untuk menenangkan pikiran. Untuk menambahkan motivasi dan rasa percaya diri, terkadang aku mambaca buku buku motivasi dan kisah sukses orang orang hebat. Terkadang juga menonton video video motivasi dan kisah sukses orang orang terkenal lainnya dari internet. Pada dasarnya mereka juga sama. Orang orang hebatpun pernah gagal, bahkan sering kali gagal. Namun yang membedakan adalah mereka tidak melihat kegagalan itu sebagai akhir, tetapi sebagai bahan evaluasi kekurangan yang mereka miliki. Sehingga menjadi jalan lain bagi mereka untuk meraih keberhasilan.

Ketika pertama aku mendapatkan pekerjaan ada rasa bangga dan rasa kurang percaya diri. Apakah aku bisa mengerjakan perkerjaan ini dengan baik? Atau mungkin justru merepotkan dan membuat pekerjaan ini berantakan. Untung saja aku punya atasan yang baik yang selalu memberi tahuku bahwa kita belajar dengan melakukan. Jika salah jadikan kesalahan itu sebagai sebuah pelajaran. Banyak orang yang mencari dan menunggu agar rasa percaya diri itu muncul. Namun aku sadar, rasa percaya diri itu dibentuk dari diri sendiri. Seseorang pernah berkata kepadaku “Cintai dan hargailah diri sendiri, maka kepercayaan diri itu kita dapati”.

Terakhir pengalaman yang aku miliki tentang rasa percaya diri adalah ketika aku diminta untuk melakukan sesuatu oleh orang lain. Aku merasa orang orang menganggap aku bisa dan menaruh kepercayaan kepadaku. Rasanya tidak mungkin untuk menyia-nyiakan harapan dan kepercayaan orang lain yang telah percaya kepadaku. Tentunya hal itu juga yang menjadi pemicu untuk memotivasi diri dan lebih meningkatkan rasa percaya diri untuk bisa melakukan yang terbaik. Kepercayaan diri dan tingkat motivasi seseorang memang sering sekali naik turun. Namun aku punya cara untuk mengatasinya. Pertama aku buat diri senyaman mungkin dan berusaha menenangkan diri. Bisa dengan pergi ketempat yang aku sukai atau sekadar mendengarkan lagu kesukaan.

Latest
Previous
Next Post »

Followers